Rabu, 08 April 2009

Jurus Jurus Kungfu Harimau Besi
Dibawah ini adalah keseluruhan jurus yang diajarkan kungfu Harimau Besi!

Jalan panjang/Jurus panjang tangan kosong!
-20 jurus jalan pendek dasar
-5 Jurus jalan panjang dasar
1. Shaolin Luohan air
2. Shaolin Luohan api
3. Shaolin Luohan besi
4. Shaolin Luohan tanah
5. Shaolin Luohan kayu
6. Shaolin Pa Tuan Chin(tenaga dalam shaolin)
7. Shang Cin kungfu selatan(Tenaga dalam kungfu selatan)
8. Shaolin Tong Pei Chuan
9. Shaolin Lian Huan Chuan
10.Jurus Harimau Besi(Hei Hu Quan)
11.Jurus Monyet(kauw kun/aliran selatan)
12.Jurus Bangau(Ho kun/aliran selatan)
13.Jurus Belalang(Tang lang kun/aliran selatan)
14.Jurus Ular(Coa kun/aliran selatan)
15.Santhung ten(tendangan utara)
16.Jurus tangan ular(tan coa/Butong)
17.Jurus tamparan sakti(Chang Pan/Butong)
18.Ji liong co cu(Naga kembar merebut mustika/Butong)
19.Jurus Naga(Liong Kun)
20.Baji Quan dasar I dan II(Butong)
21.Baji Quan I
22.Baji Quan II
23.Baji Quan III
24.Baji Quan IV
25.Baji Quan Shi lang Quan
26.Xingyi Chuan 5 jurus
27.Xingyi Chuan 5 unsur
28.Kungfu jurus halilintar
29.Lui Kong Cian(halilintar keluar dari tanah/Patkwa linear)
30.Teng Ji Beh(2 benteng pertahanan/Patkwa linear)
31.12 topan kecil(Butong)
32.Eng jauw Kun (cakar garuda/Shaolin utara)
33.Bagua Zhang(Patkwa lingkaran)
34.Zui quan(jurus mabuk selatan)
35.Pat Sian Kwei Hai(8 dewa seberang lautan/jurus mabuk 8 dewa)
36.Hok Houw Cian Heng Quan(pertarungan macan dan bangau/Hungkuen Kungfu)
37.Pukulan mata phoenix
38.Taichi Chen
39.Taichi Yang
40.10 jurus binatang hokian shaolin.
41.Teng Tiam Kah(Pembawa lentera)
42.Pembuka Surga
43.Shaolin Luohan 18 arhat
44.Kwan Kong Cu Cong
45.Kim Kong Kun
dll.

Jurus senjata!
1.Toya
2.Pedang
3.Golok
4.Thifan
5.Siang Gan
6.Trisula
7.Triple stick dan double stick
Taichi Menciptakan sistem kekebalan tubuh! 
Taichi merupakan satu jenis seni bela diri yang berasal dari negri China. Berbeda dengan jenis bela diri lainnya, taichi justru menonjolkan unsur kelembutan, gerakannya mengalir seperti air, luwes, dan lunak seperti kapas. Awam melihatnya seperti tarian yang indah yang gerakannya lambat, namun di balik itu semua taichi ternyata mengandung tenaga tersembunyi, bahkan mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Studi mengenai manfaat di balik taichi justru datang dari peneliti dari Amerika Serikat terhadap 50 orang berusia 70 tahun. Dalam studi yang masih bersifat awal diketahui bahwa gerakan-gerakan taichi merespon dengan baik vaksin flu di dalam tubuh. Karenanya mereka yang sering menderita flu dan komplikasinya, seperti radang paru (pneumonia) disarankan untuk melakukan gerakan taichi yang bisa dikombinasikan dengan gigong (chi kung) sebagai salah satu pertahanan melawan virus influeza.

JIka taichi merupakan gerakan yang lambat, mengalir, dan mengolah pernapasan tenaga dalam, maka chi kung adalah kombinasi antara gerakan yang lembut, meditasi, pengendalian makan, dan teknik pernapasan. Oleh etnis China, chi kung dipercaya mampu menyeimbangkan unsur yin dan yang di dalam tubuh.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penelitian terdahulu telah menunjukkan taichi memiliki banyak manfaat untuk orang lanjut usia, antara lain untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terjatuh dan mengobati nyeri rematik.

Seperti halnya dalam cerita-cerita dunia persilatan, seringkali digambarkan betapa justru kelembutan seringkali mampu mengalahkan kekerasan. Jika taichi dan chikung ini dilakukan secara rutin dan penuh kesungguhan, akan dipetik manfaat kesehatan.
Pernafasan perut dan kegunaannya! 
Latihan pernafasan dengan menahan dan menekan nafas di bawah perut (abdominal pressing) merupakan aktifitas pelatihan otot-otot daerah perut. 

Kegiatan tersebut dapat membakar timbunan cadangan lemak yang dapat mengganggu penampilan (perut gendut dan selulit). Disisi lain akan diperoleh meningkatnya kemampuan dan kapasitas vital paru-paru, meningkatnya Hb darah, meningkatnya elasitas/kelenturan pembuluh darah, tekanan darah cenderung menuju normal. Hal ini akan memperlancar pendistribusian zat makanan dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, juga akan mempermudah pembuangan sisa-sisa pembakaran. Dengan lancarnya jalur ini kotoran-kotoran seperti kolesterol dan lemak yang berlebihan akan mudah tersingkir dan mengurangi kemungkinan “panas dalam”. Dengan kata lain tubuh menarik (langsing berisi) dapat diperoleh melalui senam pernafasan ini, dengan catatan latihan harus rutin dan diimbangi dengan pola makan yang benar. Pelatihan gerakan melalui jurus-jurus memiliki keistimewaan mengencangkan otot-otot sebagai penunjang penampilan.

Pengenalan terapi senam pernafasan yang menyertakan do’a (menurut keyakinannya masing-masing) dalam pemusatan kosentrasi dapat meningkatkan ketenangan batin /kedamaian yang dapat tersiratkan dalam pancaran wajah yang bersinar (memiliki aura cerah) jauh dari stress, murung, emosi dan keputusasaan yang sering terwujudkan wajah kusam kurang menarik.

Hasil yang diperoleh setelah beberapa kali melakukan senam pernafasan ini akan langsung kelihatan, tubuh menjadi segar bergairah, nafas bertambah longgar dengan tercermin pada wajah yang bersinar, otot-otot menjadi kencang dan liat. Dan juga jangan kaget bila hasilnya ganda, misalnya tidak hanya percaya diri dalam penampilan tetapi juga sekaligus menyembuhkan penyakit-penyakit yang diderita dan meningkatkan daya tahan tubuh.